Akhirnya tiba juga saatnya pertanyaan ini datang!

Kemarin baba spontan bertanya kepada saya, “SoUdoUmi itu apa sih?” (Abaikan huruf  “U” nya). Spontan saya terdiam, seperti orangtua pada umumnya, bukan karena bingung namun sambil berkata dalam hati, “Akhirnya tiba juga saatnya pertanyaan ini datang”.

.

Kemudian saya menjawab dengan memperagakan dengan jari tangan saya. Tangan kiri membentuk lingkaran sedangkan jari telunjuk tangan kanan, saya tegakkan.

.

Kemudian saya mengumpamakan bahwa yang berbentuk lingkaran ini adalah lubang “eek” nya Baba dan jari telunjuk ini peUnUis (Abaikan huruf  “U” nya), alat kelamin laki-laki. Lalu saya masukkan jari telunjuk saya ke dalam jari di tangan kiri yang melingkar tadi, sambil saya jelaskan dengan kalimat seperti ini,

.

“SoUdoUmi itu seperti ini, peUnUisnya (Abaikan huruf  “U” nya) orang lain dimasukkan ke lubang eeknya Baba?”. Kemudian Baba spontan bereaksi jijik, “Iyuuhh…”.

.

Lalu saya melanjutkan obrolannya, “Baba mau lubang eeknya dibegituin?”. Dia seketika menjawab, “Enggak”.

.

Sebagai penutup saya harus memberi Baba cara menyelamatkan diri dari kejadian seperti ini, karena beberapa waktu yang lalu saya lihat di TV ada berita seorang karyawan sebuah sekolah melakukan hal ini kepada anak kelas 1 SD.

.

Ngeri kan?!

.

Nah kira-kira seperti ini kalimat penutup obrolan kami kemarin, “Lalu kalau Baba dipaksa seperti itu sama orang lain, gimana sikapnya Baba?”

.

“Ya, ngomong ndak mau”, jawabnya singkat.

.

Saya kemudian melengkapi, “Iya bener ngomong ndak mau, lalu lari dan teri…”. “Teri…ak, cari bantuan!” Sahut Baba.

.

Memang  secara fisik dan waktu kita  tidak bisa terus bersama mendampingi anak dalam aktifitas kesehariannya, namun setidaknya ada ilmu-ilmu bertahan hidup yang kita tanamkan kepada mereka sejak dini agar mereka mampu secara mandiri melindungi diri mereka sendiri.

.

Semoga pengalaman kami ini bermanfaat,

Salam Hebat, Penuh Semangat!

.

Kalau ingin belajar lebih mendalam dan mendapatkan materi harian tentang pengasuhan anak dan keluarga silahkan gabung dengan grup WA KHI saya, Gratis!

.

Pendaftaran :

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan