Bahayanya jika motivasi belajar anak turun setelah libur panjang sekolah!

Setelah anak-anak menerima hasil laporan sekolah, biasanya diteruskan dengan jadwal libur panjang. bagi sebagian besar anak liburan adalah saat yang dinanti-nantikan. Mungkin seperti perasaan kita sebagai orang tua yang bekerja, ketika sudah sangat penat dengan rutinitas pekerjaan, kita akan bahagia sekali jika ada hari libur nasional, artinya kita bisa liburan tanpa harus mengajukan cuti sendiri.

.

Itu adalah gambaran sederhana tentang cara berpikir manusia, termasuk anak-anak kita. Sistem pendidikan yang ada saat ini memang bebannya lebih tinggi dibandingkan dengan 10 atau 20 tahun yang lalu. Liburan bagi anak-anak sekolah bisa jadi adalah sebuah waktu jeda dari rutinitasnya sebagai siswa sekolah.

.

Namun masa liburan ini seperti 2 mata pisau, ada baiknya juga ada tidak baiknya jika masa liburannya sudah lebih dari 3 hari. Baiknya liburan membantu otak kita untuk beristirahat dari kegiatan yang sifatnya rutinitas dan tidak baiknya liburan berlebihan adalah menurunnya otot-otot semangat, motivasi, kecepatan anak bertindak dan munurunnya kecepatan anak dalam berpikir.

.

Solusi anak malas belajar

.

Coba kita ingat kembali masa dimana kita sedang libur panjang, saat akan masuk kerja lagi rasanya masih “mager” atau malas gerak. Saat sudah masuk hari pertama kecepatan dan kinerja kita tidak sebagus saat sebelum libur kerja panjang. Begitupun dengan anak-anak kita yang masih bersekolah, polanya sama. Kalau kita tidak antisipasi hal ini terjadi pada anak, khawatirnya anak yang tadinya sudah mau melejit prestasinya, justru kemampuan nya akan menurun.

.

Menurunnya kinerja otak dan tubuh karena liburan ini saya istilahkan sebagai Holiday Syndrome. HS ini terjadi sebenarnya terjadi karena kebiasaan tidak produktif yang diulang-ulang. Seperti hukum 1 Newton, “benda yang diam cenderung untuk tetap diam dan benda yang bergerak cenderung untuk tetap bergerak”. Jadi selama liburan nanti, anak-anak kita harus tetap ada kegiatan yang terstruktur agar kemampuan fisik dan mental juaranya tidak menurun.

.

Sejak tahun 2012 saya mendalami bidang pendampingan peningkatan prestasi anak, sejak saat itu juga saya sadar bahwa ilmu-ilmu belajar apapun yang diberikan ke anak-anak kita tidak akan ada gunanya jika kemampuan anak secara fisik dan mental juaranya menurun. Mungkin sudah banyak orang tua yang mengikutkan anaknya berbagai macam kegiatan tujuannya agar motivasi anak tetap terjaga, namun pada kenyataannya anak justru menjadi semakin cepat menurun semangatnya.

.

Alhamdulillah sekarang sudah ada puluhan grup komunitas keluarga hebat indonesia di berbagai kota yang saya dan istri buat tentang pendidikan keluarga ini. Dalam setiap buku yang kami tulis dan seminar yang kami bawakan, selalu kami sampaikan bahwa yang terpenting bukan metode belajarnya dulu, namun anak harus menguasai ilmu mengendalikan diri, termasuk saat libur panjang sekolahnya.

.

solusi anak malas sekolah

.

Kita tidak bisa memerintahkan anak untuk belajar saat liburan sekolah begitu saja, karena anak kita bukan robot, mereka anak manusia. Jadi pendekatan-pendekatan yang akan kita bahas dalam kelas HOLIDAY SYNDROME nanti juga akan lebih fokus kepada cara agar anak mau diajak kerja sama tetap melatih dirinya saat libur panjang sekaligus kita sebagai orang tua membantu mereka merumuskan jenis-jenis latihannya sesuai dengan tipe anak.

.

Dalam kelas online ini kita akan belajar tentang :

  1. Bagaimana urutan proses munculnya rasa malas
  2. Penyebab rasa malas di otak
  3. Cara cepat mengendalikan rasa malas
  4. Makanan yang dapat membantu meningkatkan motivasi belajar
  5. Merumuskan kegiatan untuk menghilangkan rasa malas pada diri anak

.

Alhamdulillah sudah banyak murid-murid kelas Keluarga Hebat Indonesia yang merasakan sekali manfaat dari mempraktekkan revolusi pendidikan keluarga ini. Dampaknya mulai dari turunnya tingkat stres sebagai orang tua, keluarga yang semakin harmonis, penghasilan keluarga meningkat dan yang paling penting adalah meningkatnya prestasi anak. Keluarga kita harus mendapatkan yang terbaik dari kehidupannya.

.

Untuk penyampaian materi dan tanya jawab agar lebih maksimal, mohon maaf peserta dibatasi maksimal 60 peserta saja. Jika bapak ibu merasa harus ikut kelas Holiday Syndrome ini untuk membantu mengamankan mental juara anak saat libur panjang sekolah, bisa cek detail kelasnya dulu.

.

Semua orang tua pasti ingin anaknya sukses, sejalan dengan anaknya, pasti ingin menjadi anak kebanggaan keluarga dan membahagiakan orang tuanya. Kemampuan mengendalikan motivasi ini penting sekali dimiliki oleh setiap anak sejak dini, karena tidak selamanya kan kita bisa terus mendampingi mereka, ada masa nya ketika anak-anak harus bisa hidup mandiri sendiri tanpa orang tuanya.

.

Detail Kelas Online
HOLIDAY SYNDROME

Klik disini

NB :

Dan sebagai informasi…, ternyata orang-orang sukses sebagaian besar lebih memfokuskan kepada pendidikan mental dalam keluarga terlebih dahulu, baru kemudian ditunjang dengan pendidikan formal di sekolah, bagaimana dengan kita?

 

Author: 

Related Posts

2 Responses

  1. Jangankan anak2, semasa saya sekolah dulu kalo sudah habis liburan bawaannya juga mager. Males banget mau ke sekolah lagi…wkwkwk…

    Aminnatul Widyana 9 Juni 2018 at 5:58 am Reply
    • Hahah sayapun dulu juga begitu

      admin Author 10 Juni 2018 at 10:19 am Reply

Tinggalkan Balasan