Cara Agar Anak Percaya Diri di Sekolah

Ketika anak sedang minder dan memiliki rasa takut berlebihan, mereka akan cenderung lebih mudah menjadi korban olok-olokan lingkungannya. Tentu tidak ada orangtua manapun menginginkan hal ini terjadi kepada anaknya kan?! Sedang bingung tentang bagaimana cara agar anak percaya diri di sekolah?

.

Kasus yang banyak terjadi adalah anak yang hanya jago kandang. Berani marah dan bersikap seolah pemberani dalam lingkungan keluarganya saja. Kalau pas di sekolah anak menjadi tidak percaya diri dan cenderung jadi anak penakut.

.

Penyebab umum dari hal ini lagi-lagi pola asuh keluarga yang tidak sesuai porsi dan fungsinya.

.

Ketika anak terlalu dilayani dan difasilitasi dalam keluarganya, kemampuan dirinya untuk bertahan hidup menurun. Saat dia menjalani kehidupannya sendiri seringkali gagal karena tidak dibekali dengan kepercayaan diri yang memadai dan takut dengan hal-hal baru di lingkungan sekitarnya

.

Lalu bagaimana solusinya Kak Cand cara agar anak percaya diri di sekolah?

.

Kita mulai dari rumah dulu, sumber dari semua kesuksesan anak di masa depan nanti. Kalau pendidikan keluarga kita baik dan benar, kepercayaan diri dan keberanian anak akan meningkat. Bapak ibu bias mulai dengan melakukan hal-hal kecil bersama anaknya yang dapat menstimulus kepercayaan diri dan keberaniannya.

.

Misalnya nih, saat berbelanja atau saat berdagang melayani pembeli, biarkan anak untuk mengambil posisi kita. Entah membayar atau menerima uang dan menghitung uangnya. Biarkan dia belajar berkomunikasi dengan benar kepada orang lain yang belum dia kenal. Ini akan jadi masalah untuk anak.

.

Nah biarkan saja dia menghadapi masalahnya sendiri, supaya otaknya terbiasa untuk menyelamatkan dirinya sendiri tanpa harus selalu ada kita disampingnya. Dengan begitu kita sedang membiarkan anak melatih kepercayaan diri dan keberaniannya.

.

Ini adalah cara memprogram kepercayaan diri dan keberanian anak dari dalam dirinya sendiri. Lebih nancep di memorinya dan lebih efektif hasilnya daripada kita sebagai orangtua hanya fokus solusi di luar diri anak saja.

.

Oya pastikan kita sebagai orangtua juga percaya diri dan berani saat menemui orang baru dilingkungan baru ya. Karena kita teladannya anak. Yang terakhir, perhatikan penampilan anak secara fisik, mulai dari cara berpakaian, cara berjalan, cara menyisir rambut dan beberapa hal lainnya, karena ini yang akan pertama kali dipersepsikan orang lain tentang dirinya.

.

Memang kita tidak boleh menilai orang hanya dari penampilannya saja, namun dengan penampilan yang meyakinkan kita dapat mengintimidasi orang lain.

.

Ketika kita sudah mengetahui cara agar anak percaya diri di sekolah adalah kepercayaan diri dan keberaniannya akan meningkat secara otomatis dan bertahap.

.

Semoga bermanfaat,

Salam Hebat, Penuh Semangat!

.

Untuk belajar lebih mendalam tentang pengasuhan anak dan keluarga, bisa bergabung dengan grup WA KHI saya, Gratis! Dapatkan juga materi parenting terbaru setiap harinya.

.

Pendaftaran :

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan