Cara agar anak tidak nakal

.

Sampai hari ini sebelum membaca tulisan saya ini pasti banyak orangtua yang mencari cara agar anak tidak nakal. Namun sebelum kita bahas solusinya ada beberapa pola pikir kita sebagai orangtua yang harus kita perbaiki tentang anak nakal.

.

Sebenarnya anak kita nakal atau hanya melakukan hal yang hebat namun diluar kebiasaan kita selama ini?

.

Misalnya anak manjat pohon tinggi, dibilangin gak nurut. Itu bukan termasuk anak nakal karena dia sedang mengoptimalkan kemampuannya melakukan hal yang menurut banyak orang menakutkan dan berbahaya, kalau tidak tau teknik manjat yang benar.

.

Beda lagi kalau anak sikap anak kita sampai merugikan orang lain, jangankan memukul atau mencuri barang anak lain. Menghilangkan barang anak lain dan tidak bertanggung jawab, ini sudah dikategorikan anak nakal?

.

Bagaimana anak bisa memiliki sifat nakal, dari mana datangnya?

.

Kalau tidak dari lingkungan, bisa jadi dari pola asuh keluarga dan orangtuanya yang selama ini selalu memaklumi sikap anak yang tidak baik dan merugikan orang lain, namun histeris dan suka melarang ketika anak melakukan hal-hal baru yang mengoptimalkan kemampuan dirinya,.

.

Istilah saya salah menempatkan sisi FLEKSIBILITAS dalam pola asuh, yang seharusnya diletakkan di urutan paling belakang, justru diletakkan paling awal.

.

Lalu solusinya bagaimana Kak Cand?

.

Tega, Tegas, Konsisten dan Fleksibel dalam pola asuh!

.

Kita kupas satu persatu,

.

Tegas

Saya melihat, mendengar dan merasakan banyak keluarga yang salah persepsi tentang ketegasan sikap. Banyak yang mengartikan ketegasan sebagai sikap kejam orangtua terhadap anak. Membuat anak tersiksa, menangis stress.

.

Itu benar jika kita hanya berlaku tegas hanya untuk melampiaskan emosi. Berbeda ketika sikap tegas yang kita lakukan kita niatkan untuk mendidik sikap dan perilaku anak.

.

Sikap tegas ini juga tidak boleh berlebihan melewati ambang batas kemampuan anak, harus disesuaikan dengan pola kejadiannya.

.

Oya dan sikap tegas yang kita ambil juga harus sesuai dengan kesalahan yang dilakukan anak. Misal nih anak tidak disiplin dalam hal waktu, yang kita gunakan untuk bersikap tegas juga waktu. Suatu contoh kesukaan anak adalah setiap hari main gadget selama 1 jam, ya sudah kita kurangi waktu main gadgetnya menjadi 30 menit, jelaskan alasannya karena tidak disiplin menggunakan waktunya.

.

Ngambek, merengek, menangis, guling-guling di lantai, tatapan mata nanar berbinar adalah senjata rahasia anak untuk menaklukan hati orangtuanya yang sedang bersikap tegas. Hehehe

.

Sebaiknya hindari, dengan cara pindah tempat ke ruangan lain namun tetap bisa mengawasi apa yang dilakukan anak kita. Kalau sudah dewasa, sesuaikan sikap kita, jangan terlalu banyak omong ketika sudah menentukan sikap.

.

Ketika kita sudah bersikap tegas karena alasan yang masuk akal, anak akan semakin paham apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan.

.

Sampai disini dulu ya…, pembahasan tentang pola dasar pengasuhan anak TEGA, TEGAS, KONSISTEN dan FLEKSIBEL ini bisa jadi 1 buku sendiri, saya sambung lain waktu ya …

.

Semoga sharing kali ini bermanfaat,

Salam Hebat Penuh Semangat!

.

Untuk belajar lebih mendalam tentang pengasuhan anak dan keluarga, bisa bergabung dengan grup WA KHI saya, dapatkan juga materi parenting terbaru setiap harinya, Gratis!

.

Pendaftaran :

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan