Cara mengatasi anak salah pergaulan

.

Seperti biasa sebelum kita membahas solusi, sebaiknya kita mengetahui dulu apa saja masalah turunan yang timbul dari masalah utama. Cara mengatasi anak salah pergaulan, disini yang menjadi masalah utama adalah anak yang salah pergaulan.

.

Nah ketika masalah ini tidak segera diselesaikan, pasti akan timbul masalah-masalah turunannya, antara lain :
.

Prestasi sekolah menurun

Putus sekolah di tengah jalan

Mental anak terganggu

Menjauh dari keluarga

Tawuran

Hamil di luar nikah

Stress

.

Beberapa hal di atas hanya sebagian kecil dari dampak ketika anak salah pergaulan. Setelah ketemu masalah-masalah turunannya sekarang kita mulai fokus kepada sumber masalah, mengapa seorang anak sampai salah pergaulan? Berikut adalah beberapa penyebab anak salah pergaulan :

.

Terlalu sering bersenang-senang

Salah memilih teman

Kurang merasa diperhatikan orangtua

Pola asuh keluarga yang tidak tepat

.

Nah silahkan diamati, kira-kira apa saja dampak salah pergaulan yang sedang dialami anak dan kira-kira selama ini penyebabnya apa?

.

Menurut pengalaman saya, setelah menerima banyak konseling keluarga, sebab yang paling utama adalah karena anak-anak kurang merasa diperhatikan orangtuanya secara emosi dan salah memperlakukan anak sebagai sesame manusia.

.

Memang secara kebutuhan materi tercukupi dan secara waktu orangtua ada disampingnya, namun tidak ada pembangunan ikatan emosi yang kuat antara anak dan orangtua.

.

Inilah yang menyebabkan kekosongan jiwa anak dan ketika hal ini berlangsung terus menerus, sebagai manusia biasa anak akan mencari tempat untuk menyalurkan kebutuhan emosionalnya. Kebutuhan merasa aman, kebutuhan akan variasi, merasa diunggulkan, merasa memiliki orang yang mencintai dirinya, kebutuhan akan menjadi lebih baik dan kebutuhan merasa berguna untuk orang lain.

.

Kebanyakan keluarga terlewat tentang kebutuhan emosi ini, terumata ketika anaknya sudah remaja. Orangtua semakin sibuk dengan pekerjaan dan bisnisnya.

.

Sebagai orangtua kita upayakan agar pekerjaan kita atau bisnis kita bisa bekerja dengan sistem. Jadi urusan pekerjaan dan bisnis tetap lancar, sekaligus tetap bisa mengasuh keluarga.

.

Kembali ke masalah anak yang salah pergaulan tadi, kita harus memperlakukan mereka seperti manusia pada umumnya, bukan hanya sebagai anak kita. Penuhi kebutuhan emosinya terlebih dahulu tanpa harus memaksanya berubah menjadi lebih baik.

.

Karena sebagian orangtua ingin anaknya cepat-cepat berubah pergaulan yang salah tadi menjadi lebih baik. Perbaikan perilaku manusia bukan sulap yang tinggal jentikkan jari. Semua perlu proses dan waktu. Nah sambil menunggu kebutuhan emosional anak terpenuhi dari orangtuanya.

.

Kita sebagai orangtua juga harus memperbaiki diri, meningkatkan kualitas diri agar figur otoritas kita di hadapan naik. Bukan karena ditakuti tapi karena dikagumi. Anak itu butuh sosok yang dapat dia kagumi dan dia jadikan contoh.

.

Pastikan kita, orangtua sebagai contoh baik pertama anak-anak kita!

.

Semoga tulisaan tentang cara mengatasi anak salah pergaulan ini bermanfaat,

Salam Hebat, Penuh Semangat!

.

Untuk belajar lebih mendalam tentang pengasuhan anak dan keluarga, bisa bergabung dengan grup WA KHI saya, dapatkan juga materi parenting terbaru setiap harinya, Gratis!

.

Pendaftaran :

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan