Cara mengatasi anak yang susah makan

.

Banyak orang tua khawatir saat anaknya susah makan, apalagi jika anaknya susah makan nasi. Orang tua kebingungan mencari cara mengatasi anak yang susah makan kesana kemari…

.

Pada puncaknya, orang tua akhirnya menyerah karena belum juga ketemu solusinya. Ambil cara paling mudah saja, yaitu dengan menuruti makanan yang disukai anak saja, padahal anaknya tidak alergi makanan yang sudah dimasakkan orangtuanya
.

Jika hal ini terus dibiarkan saja terjadi, semakin dewasa anak kita, dia akan pilih-pilih makanan yang dia suka saja. Dia tidak mampu menyesuaikan dirinya dengan keadaan yang mungkin tidak sesuai dengan yang dia suka.

.

Lanjut lagi, biasanya yang jadi momok bagi anak adalah sayuran. Anak cenderung menghindari makan sayur dan lebih menyukai snack-snack yang rasanya gurih, hhhmmm yummy… 😀

.

Bukannya tidak boleh makan jajan namun tidak boleh berlebihan juga tidak boleh dijadikan sebagai alat pengalihan karena anak tidak suka makan sayur dan tidak suka dengan menu masakan orangtuanya.

.

Lalu sebagai orangtua kita harus bagaimana?

.
cara mengatasi anak yang susah makan ini langkah pertamanya adalah dengan tidak langsung memarahi anak, namun diam dan amat.

.

Gali apa yang sebenarnya menyebabkan anak kita tidak suka menu masakan orangtuanya dan mengapa tidak suka makan sayur?
.
Bisa jadi anak sedang cemas, karena sakit atau belum nyaman dengan lingkungan baru, entah itu di tempat main, di rumah baru atau dirumah saudara.
.
Bisa juga dikarenakan oleh perasaan ingin tau nya yang besar. Anak ingin mengeksplorasi lingkungan di luar dirinya.

.

Beberapa anak menyukai pengalaman-pengalaman baru yang ada di sekitarnya, sampai-sampai mereka lupa waktu. Inget gak, dulu pas waktu masih kecil kitapun kalau pas main atau ketemu hal baru sampai lupa waktu makan,

.

Rasa laparnya tertutupi oleh hal-hal yang intensitas, kualitas emosionalnya lebih tinggi dari rasa lapar. Jadi jangan baper dulu, mungkin anak susah makan bukan karena masakannya gak enak, namun ada hal yang lebih menarik daripada makan.
.
Dan mungkin juga yang menjadi sebab masalah ini adalah anak kita memang sudah kenyang dengan jajan yang dia makan sebelumnya.

.

Otak sudah mengirim sinyal rasa kenyang kepada lambung anak. Rasa kenyang ini bisa jadi memang murni dari otaknya atau dari sabotase yang anak lakukan sendiri tanpa dia sadari atas dasar ijin dari orang tuanya.

.

Kok orang tua sih Kak Candra, seperti apa sabotasenya?

.

Begini,

Kita memberi uang jajan anak lalu mengijinkannya untuk beli dan makan jajanannya sebelum makan besar.

.

Aha ini sumber masalahnya!

.

Jajanan bisa membuat otak anak mengirim sinyal kenyang terlalu cepat sebelum makan besar. RASA kenyangnya sama, namun nilai gizinya berbeda. Hal inilah yang belum semua anak mengetahui atau memang belum dijelaskan orang tuanya.
.
Untuk itu, cara mengatasi anak yang susah makan ini pertama kali adalah mengatur uang jajan, waktu beli dan mengatur waktu makannya.

.

Mulai hari ini, buat kesepakatan dengan anak bahwa uang jajan akan diberikan setelah makan besar. Lakukan hal ini secara konsisten karena ini adalah bagian dari proses mengubah perilaku manusia. Kalau anak kita robot tinggal pencet tombolnya.

.

Kita harus bersabar dan terus sambil belajar untuk mendidik anak-anak kita, Anak kita manusia kan?!

.

Semoga ini bermanfaat.

.

Salam Hebat, Penuh Semangat!

.

Untuk belajar lebih mendalam tentang pengasuhan anak dan keluarga, bisa bergabung dengan grup WA KHI saya, dapatkan juga materi parenting terbaru setiap harinya, Gratis!

.

Pendaftaran :

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan