Cara menghilangkan rasa takut saat belajar berenang

Manusia hanya takut dengan hal yang dia tidak ketahui dan hal yang belum dia ketahui bagaimana cara mengatasinya, tak terkecuali dengan berenang. Saya dulu juga mencari cara menghilangkan rasa takut saat belajar berenang, karena dulu pernah ditenggelamkan oleh teman saya dan ditertawakan, hahaha

.

Saya yakin banyak anak yang masih takut berenang, sampai orangtuanya membaca tulisan saya ini. Sesungguhnya yang membuat anak takut bukanlah, air, kolam atau kegiatan berenangnya. Yang membuat anak takut sebenarnya adalah pikirannya sendiri, karena rasa takut letaknya ada dalam pikiran.

.

Kalau kita sudah tau pola ketakutan sebenarnya hanya ada dalam pikiran anak, yang harus kita bereskan pertama kali adalah ketakutan yang letaknya dalam pikiran. Yang biasanya ditakutkan anak dari berenang antara lain, tenggelam, kram kaki, tersedak minum air kolam, mata perih, ditertawakan anak lain karena belum bisa berenang dan masih banyak alasan lainnya.

.

Sekarang kita masuk ke tahap cara menghilangkan rasa takut saat belajar berenang. Jangan seperti orangtua pada umumnya, anak masih punya ketakutan yang belum dibereskan justru memaksanya untuk berenang, hal itu justru akan membuat anak semakin trauma dengan berenang.

.

Kita bereskan ketakutan anak dengan cara menetralisir ketakutannya terlebih dahulu. Ketakutan terjadi biasanya karena adalah persepsi yang salah terhadap sesuatu hal dan karena ketidaktauan tentang bagaimana cara mengatasi hal yang dianggap masalah.

.

Mulailah dengan membangun persepsi baru dengan cerita-cerita seputar pengalaman berenang kita dulu atau pengalaman berenang oranglain yang anak kenal. Dengan begitua anak akan mulai akrab dengan air, dimulai dari cerita terlebih dahulu. Selanjutnya baru ke tahap praktek di kolam renang.

.

Jangan fokus kepada keahlian berenang, namun ajak anak menikmati bermain air. Hal ini 1 langkah maju daripada kita harus langsung memaksanya untuk berenang. Ketika anak sudah memasukkan kakinya untuk bermain air, mulailah membasahi tangan, muka dan kepala anak, kemudian ajak main di kolam yang dangkal terlebih dahulu.

.

Buat permainan yang memungkinkan anak terjatuh dalam air, jadi dia kena air dengan bahagia karena sambil bermain.

.

Setelah itu berlangsung beberapa waktu dan anak nyaman, buat dia bergaul dengan anak lain di kolam untuk bermain bersama, dengan begitu motivasinya untuk berenang akan mulai timbul, karena melihat teman-temannya main bisa berenang.

.

Langkah terakhir yang kita lakukan adalah datang sebagai orang yang membantu kebutuhan emosinya, agar bisa berenang seperti temannya. Tawarkan bantuan untuk mengajarkan cara berenang yang benar dengan bantuan guru les professional, jadi anak diajarkan oleh orang yang memang sudah memahami teknik berenang yang benar. Jangan asal pilih guru ya, pastikan gurunya juga memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang cara menghilangkan rasa takut saat belajar berenang.

.

Semoga bermanfaat,

Salam Hebat, Penuh Semangat!

.

Ingin mendapatkan materi pengasuhan anak dan keluarga setiap hari?

.

Silahkan masuk ke grup WA – KHI yang sudah disediakan, gratis!

085649768468 (via WA)

Author: 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan